| 0 komentar ]

teringat kejadian seminggu yang lalu, saat ada undangan dari sahabat dan adik - adik angkatan saat kuliah doloe...!!! begitu sampai di gerbang, terlihat senyum merekah para sahabat. yang langsung ketika itu juga seolah menjadi pasword di benak saya aka sebuah kalimat
"PERTARUNGAN BELUM USAI SAATNYA MELAKUKAN PERUBAHAN"..!!

Sapa salam semuanya mengarah pada satu kalimat, teman dan sahabat saya bertanya "Apakah idelisme
dalam dirimu masih utuh?" saya jawab "saya tak lagi memiliki idealisme, idelisme yang dulu saya pelihara telah terbang bermetarmorfosis menjadi kupu - kupu ilmu dan ajaran untuk diri pribadi". sampai disana,.. nostagia kami menjadi perdebatan, tapi cukup efektif menjadi perangsang semua ingatan dan kejadian saat di jalanan dahulu.
sebenarnya sampai detik ini dalam hati saya, "perasaan gituh", masih tetap mempertahankan idelisme saya, ya karna sampai kapanpun idelisme seseorang tidak akan bisa tergantikan karna idealisme adalah kodrat dari jalan dan cara berpikir seseorang. Idea atau gagasan terbaik (ideal) isme (pemahaman). nah yang terbaik menurut saya toh belum tentu terbaik menurut orang lain bukan. sehingga apabila kita mengaku manusia pasti kita punya idelisme. dan selayaknya manusia sebagai manusia pembelajar, paham idealnya (idelismenya) pasti dari waktu kewaktu akan terus bekembang bahkan sampai mati. kemana arah idelisme seseorang akan berkembang, ya ke arah ke benaran. dalam hal ini kebenaran dalam arti hakikat, bukan dalam bentuk. kebenaran dalam hakikatnya adalah sebuah pikir dan tindakan untuk menjadikan sesuatu yang lebih baik, mulia, indah dsb. sedangkan bentuknya dari kebenaran itu ya bisa bermacam - macam tergantung kondisi dan situasi.

karnanya, saya mengatakan bahwa idelisme saya telah terbang menjadi kupu - kupu ilmu dan ajaran untuk diri pribadi, karena ya... selama berjalan dalam kehidupan ini, jalan dan cara berpikir saya telah memberikan ajaran manis dan pahit yang bisa saya jadikan bahan evaluasi untuk diri saya, bahan evaluasi agar hidup lebih baik, mulia, indah, bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar

Ayo Komentar!!!